Senin, 20 Juni 2011

STRATEGI PENAGIHAN PIUTANG

DESKRIPSI
Saat ini banyak perusahaan menaruh perhatian yang besar terhadap permasalahan penjualan credit dan collection. Karena penjualan tinggi tidak akan berarti apa-apa apabila tidak dapat tertagih. Perusahaan dituntut untuk mampu menganalisa dengan baik calon pelanggan dan pelanggan tetap. Bagaimana karakter pelanggan untuk meminimalisir kerugian atas penjualan yang tidak tertagih. Dengan pengelolaan yang lebih profesional dan manusiawi, diharapkan akan mengatasi kredit dan penagihan tanpa menciptakan masalah baru.
Pelatihan ini dirancang secara khusus untuk membekali Anda dengan konsep dan metode dalam pengelolaan piutang beserta sistem yang efektif dalam penagihannya sebagai bagian dari penataan arus kas di perusahaan.

MATERI KURSUS
1.     CREDIT CONTROL :
a.    Analisa faktor resiko kredit, tingkat resiko dan exposure
b.    Credit Terms, Limit dan Scoring
c.    Pemetaan Karakteristik Pelanggan dan Kepentingan Strategi Perusahaan
d.    Analisa dengan Laporan Keuangan dan tanpa Laporan Keuangan
e.    Analisa Kualitatif
2.       COLLECTION STRATEGY :
a.    Tujuan, Strategi dan Proses
b.    Keterkaitan antara Strategi Penjualan dan Penagihan
c.    Kebijakan dan Prosedur Penagihan
d.    Teknik-Teknik Penagihan (Telepon, Surat, dan Kunjungan)
e.    Aspek hukum
f.    Memahami Karakter Pelanggan
  •   Tipe-Tipe Pelanggan
  •  Teknik Menghadapi Berbagai Tipe Pelanggan
  •   Teknik Menghadapi Pelanggan Nakal
g.    Langkah-Langkah Efektif dalam Penagihan dan Menghadapi Keberatan Pelanggan
h.    Model Pengukuran Kinerja
3.    NEGOTIATION SKILL :
a.    Dasar Negosiasi
b.    Persiapan dan Proses Negosiasi
c.    Komunikasi yang Efektif


PESERTA
Pelatihan ini penting diikuti oleh  General Manager, Finance Manager/Officer, Accounting Manager/Officer, Cash/Receivable Manager, dan Staf Profesional perusahaan lainnya yang ingin memahami lebih jauh mengenai pengelolaan piutang


WAKTU & TANGGAL
26 – 28 Juli 2011
08.00 – 16.00 WIB
Wisma MM UGM Yogyakarta


INSTRUKTUR
Imam Bintoro, SE, MSFIN

REGISTRASI
Biaya pelatihan sebesar Rp 4.000.000 per orang (Non Residensial).

INFORMASI
PT Bexcellent Consultant
Jl. Parangtritis Km 6,5 (Komplek Kampus ISI) Sewon, Bantul, Yogyakarta
Phone     : 0274—7855441          Fax. : 0274—414137
E-mail     : bxcellentconsultant@yahoo.com
Website    : www.bexcellentjogja.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar